Search
  • Pro-Int Dinamika

5 Hal yang anda perlu perhatikan dalam HR Management di dalam perusahaan anda

Mengamati beberapa tahun ini terakhir akan bagaimana cara seseorang memimpin, bekerja sama dan mengatur diri saat dalam bekerja telah mengalami perubahan-perubahan radikal.

Dimana Hal-hal seperti Budaya Perusahaan, Keterlibatan Karyawan, Simplifikasi Pekerjaan dan tentunya Digitalisasi HR adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen personalia.




1. Budaya Perusahaan and Keterlibatan Karyawan

Melihat persaingan di era global yang semakin tinggi, perusahaan-perusahaan dituntut untuk terus berubah dan berkembang. Salah satu tantangan terbesar bagi sebuah perusahaan adalah bagaimana sebuah perusahaan membentuk Budaya Perusahaan dan memacu keterlibatan karyawannya.

Budaya perusahaan tidak hanya menjadi salah satu variabel yang berhubungan dengan penentuan peningkatan kinerja perusahaan, tetapi memiliki fungsi di dalam suatu organisasi antara lain memiliki suatu peran dalam batas-batas tertentu yaitu menciptakan perbedaan antara satu organisasi dengan organisasi yang lain.

Selain itu, budaya digunakan untuk menyampaikan identitas bagi anggota-anggotanya. apabila setiap orang dalam perusahaan mampu menyelaraskan budaya dengan strategi organisasi, maka gol perusahaan akan lebih mudah untuk dicapai.

Tingkat keterlibatan yang tinggi dari karyawan akan meningkatkan rasa tanggung jawab yang secara tidak langsung akan meningkatkan komitmen mereka terhadap perusahaan. Dengan budaya perusahaan dan keterlibatan karyawan yang tinggi maka rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar karyawan akan tercipta dengan sendirinya.


2. Simplifikasi Pekerjaan

Sebuah tugas penting HRD adalah penyerhadaan serta penghapusan proses rumit. Dan membangun budaya organisasi secara aktif membantu karyawan untuk focus pada apa yang penting / krusial. Karena tentunya dengan seiring waktu sebuah organisasi dalam perusahaan akan terus berkembang oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa perkembangan tersebut akan membawa dampak buruk seperti meningkatnya kompleksitas organisasi, kelebihan informasi yang akan berdampak pada lingkungan kerja, tentunya hal tersebut akan membuat pekerjaan karyawan anda kewalahan dengan pekerjaannya oleh karena itu sebuah overhaul terhadap pekerjaan seorang karyawan perlu dilakukan.

Perusahaan-perusahaan perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya mereka untuk menyederhanakan pekerjaan karyawannya melalui digitalisasi pekerjaan, yang dimulai dengan mengivestasikan kepada teknologi yang terkait dengan pekerjaan organisasi tersebut yang terintegrasi.


3. Digitalisasi HR

Digitalisasi HR adalah sebuah upaya untuk menbaurkan teknologi HR ke dalam tata cara kerja yang saat ini berjalan di perusahaan dengan memanfaatkan ilmu dan fitur baru untuk melakukan transaksi SDM dan pengambilan keputusan yang intuitif, terinformasi, dan menginspirasi. Alhasil dari Digitalisasi HR akan berdampak langsung ke peningkatan efektivitas perusahaan.

Perubahan digital sendiri mencakup banyak hal di dalam HR, yaitu recruitment, learning, organization planning, dan performance management. Di bidang rekrutmen, digitalisasi dapat membantu HR dalam menemukan kandidat yang tepat dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Tahun ini kami akan banyak melihat perubahan pada cara HR memanage personalia dimana mereka akan melibatkan teknologi HR untuk perihal analysis, training, penilaian KPI dan lain-lain. Anda akan melihat trend dimana HR Business Solution akan bergerak kepada platform cloud. Dengan menggunakan platfrom cloud maka Digitalisasi HR dapat digarap oleh lebih banyak perusahaan. Dimana perusahaan-perusahaan tersebut dengan mudah menyewa sebuah software HR.

Dengan memahami dan memanfaatkan Digitalisasi HR, HRD akan terbantu dalam kehidupan kerjanya sehari-hari, dan HRD dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan inisiatif strategis, yang dituntun oleh wawasan, serta mencapai efektivitas tenaga kerja yang lebih tinggi. Ini bisa memungkinkan terjadinya pengukuran dan monetisasi semua nilai yang selama ini dijanjikan bagian SDM.


4. Learning & Development

Learning & Development, seperti budaya perusahaan telah menjadi salah satu area yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan dimana perusahaan akan mengembangkan banyak program training dengan tujuan untuk meningkatkan keahlian, keterampilan serta kinerja karyawan masing-masing baik secara kelompok dan individu yang ada didalam sebuah perusahaan untuk menjadi bagian dari strategi manajemen untuk menyelaraskan rancangan tujuan dengan seluruh visi misi sasaran perusahaan yang telah ada. Seseorang yang bertanggung jawab dalam melakukan pengembangan pembelajaran bakat bagi karyawan harus mengidentifikasi hubungan keterampilan di antara karyawan dan kemudian menemukan pembelajaran pelatihan yang sesuai untuk mengisi hubungan kinerja antar karyawan.

Dengan menginvestasikan sumber daya perusahaan anda pada program Learning & Development maka perusahaan dapat meraup banyak keuntungan seperti meningkatnya kinerja dan moral karyawan yang akan berdampak langsung pada gol perusahaan. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan harus mulai memprioritaskan transformasi digital, sementara memfokuskan terhadap pembelajaran peer-to-peer. Semakin sebuah organisasi fokus dalam mempertajam skill set karyawannya, perusahaan akan semakin baik dalam melibatkan dan mempertahankan tenaga kerja mereka.


5. Performance Management

Manajemen Kinerja atau Performance Management dapat dianggap sebagai proses sistematis di mana organisasi melibatkan karyawannya dalam mencapai misi dan tujuan organisasinya. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa adanya korelasi yang erat antara manajemen kinerja yang efektif dengan pencapaian tujuan organisasi. Sehingga, Performance Management adalah usaha untuk mendapat hasil yg lebih baik bagi organisasi, tim maupun individu dengan memahami dan mengelola performance dalam kerangka tujuan, standar, dan kompetensi yg terencana yg telah disepakati bersama.

Seiring dengan perkembangan jaman Manajemen performa karyawan akan mengalami perubahan radikal. Dimana perusahaan-perusahaan harus mulai kembali menelusuri proses manajemen kinerja karyawan-karyawan mereka. Penilaian Kinerja yang lebih tradisonal harus di hapus atau diubah agar dapat mengakomodir penilaian yang lebih flexibel dan dinamis. Seperti penilaian 360 derajat, dimana pekerja dinilai oleh superior, peer dan juga bawahan karyawan tersebut. Dengan melakukan penilaian tersebut maka hasil dari program performance appraisal karyawan anda akan optimal.


#bloggingtips #WixBlog

0 views

CONTACT SUPPORT

PT Pro-Int Dinamika

Address: Perkantoran Puri Niaga Blok K7/1W Puri Kencana, Jakarta Barat 11610

Telp. 021.5823108 / 09 / 10

Fax. 021.5823107

Email. sales@pro-int.com

© 2019 by PT Pro-Int Dinamika. All right reserved